PENGERTIAN KESEHATAN LINGKUNGAN MENURUT PAKAR DAN AHLI

Pengertian Kesehatan Lingkungan adalah ilmu dan seni dalam mencapai keseimbangan lingkungan dan manusia, ilmu dan seni dalam pengelolaan lingkungan sehingga dicapai kondisi yang bersih, sehat, aman dan nyaman dan terhindar dari gangguan penyakit. Ilmu Kesehatan Lingkungan mempelajari dinamika hubungan interaktif antara kelompok penduduk dengan segala macam perubahan komponen lingkungan hidup yang menimbulkan ancaman atau berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat.
 
PENGERTIAN KESEHATAN LINGKUNGAN
 KESEHATAN LINGKUNGAN
Pengertian dari Kesehatan lingkungan adalah sanitasi lingkungan yang memiliki pengertian yang sangat luas dan bermacam-macam dan tergantung nilainya tersendiri. Kesehatan lingkungan itu dasarnya merupakan usaha yang untuk mengelola semua faktor yang ada di  lingkungan yang berkaitan dengan perkembangan fisik dan kesehatan atau dengan kata lain berwujud sehingga derajat kesehatan yang dapat ditingkatkan dengan nyata. Pengertian dari Kesehatan lingkungan Secara umum, persepsi masyarakat terhadap kesehatan lingkungan adalah kebersihan lingkungan tersebut. Lingkungan sehat merupakan suatu perwujudan lingkungan yang memenuhi kaidah-kaidah dalam kesehatan lingkungan dan kesehatan secara keseluruhan.

Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu:
  1. Lingkungan fisik dan sosial-budaya. 
  2. Lingkungan fisik meliputi: 
             - abiotik (benda mati)
             - biotik (makhluk hidup).

Dalam  menjaga kesehatan Lingkungan perumahan kita juga sangat perlu pengelolaan lingkungan kita yang bersih dan sehat, suci indah , adem ayem , dan sebagainya sehingga dapat memberikan manfaat bagi penghuni dan keluarga guna meningkatkan Mutu  kesehatan yang lebih baik dan bersih. dan untuk mencapai kehidupan yang bersih dan sehat perlu pengelolaan lingkungan yang baik, sehingga lingkungan rumah menjadi bersih, aman dan nyaman. 

Pengertian Kesehatan lingkungan menurut ilmuan.

Pengertian Kesehatan lingkungan adalah kondisi lingkungan yang dapat memberi keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan tentram. Dan Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat dalam kehidupan nya.


Pengertian Kesehatan Lingkungan sebagai suatu upaya,
dikemukakan oleh Seorang Ilmuan ternama Dunia. Purdon nama nya dan ianya menjelaskan bahwa “ Kesehatan Lingkungan merupakan bagian dari dasar-dasar kesehatan bagi masyarakat modern, kesehatan lingkungan adalah aspek kesehatan masyarakat yang meliputi semua aspek kesehatan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. Tujuannya untuk mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada tingkat yang setinggi-tingginya dengan jalan memodifikasi factor social, factor fisik lingkungan, sifat-sifat dan kelakuan lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan.



 Kutipan-terbaru
 
Copyright © 2014 MAKALAH TUTORIAL - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info